nusakini.com-- Pebalap Mercedes, Nico Rosberg, merebut pole position F1 GP Jerman setelah mencatat waktu terbaik pada sesi kualifikasi di Sirkuit Hockenheim, Sabtu (30/7). 

pole yang diraih Rosberg sangat penting untuk mewujudkan misinya menang di depan publik sendiri, sekaligus mengambil alih kembali puncak klasemen dari tangan Hamilton. Saat ini, Hamilton memuncaki klasemen dengan keunggulan enam poin atas Rosberg.

Sementara itu, pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, bakal start di depan duo Sauber, Felipe Nasr dan Marcus Ericsson. 

Rio sempat melesat ke urutan ke-17, namun akhirnya harus puas start dari posisi ke-20, setelah mencatatkan waktu lap 1 menit 16,977 detik. Rekan setimnya, Pascal Wehrlein, bakal start dari posisi ke-18, alias di depan pebalap Toro Rossi, Daniil Kvyat.  

Saat kualifikasi pertama (Q1) berjalan selama 10 menit, Rio menduduki posisi ke-17. Sedangkan rekan setimnya Pascal Wehrlein berada di urutan ke-13. Posisi pertama dan kedua ditempati duo Mercedes, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg. Pebalap Red Bull, Daniel Ricciardo, membuntuti di urutan ketiga.  

Posisi ke-17 gagal dipertahankan Rio di akhir kualifikasi pertama. Dia melorot ke urutan ke-20, sedangkan Wehrlein juga turun posisi ke urutan ke-18. Sedangkan dua posisi terakhir ditempati duo Sauber, Felipe Nasr dan Marcus Ericsson. Keempatnya tereliminasi di kualifikasi pertama bersama pebalap Toro Rosso, Danii Kvyat (posisi ke-19) dan Kevin Magnussen (Renault). 

Memasuki kualifikasi kedua, duo Mercedes belum tergoyahkan dari posisi teratas, dibuntuti Max Verstappen (Red Bull) dan Kimi Raikkonen. Ricciardo yang sempat menempati posisi ketiga, melorot ke trap kelima.

Pada Q2, Esteban Gutierrez harus terelimasi karena hanya menduduki peringkat ke-10. Sedangkan lima pebalap lain yang juga tereliminasi di fase ini adalah Jenson Button, Carlos Sainz Jr, Fernado Alonso, Romain Grosjean, dan Jolyon Palmer. Mereka berurutan menempati posisi start ke-12 hingga ke-16.  

Adapun persaingan di posisi 10 besar sangat sengit. Selisih waktu dari urutan pertama yang ditempati Lewis Hamilton hingga ke posisi ke-10 yang diduduki Felipe Massa, kurang dari 1 detik. Hal ini membuat kualifikasi ketiga diprediksi berlangsung ketat. 

Pada kualifikasi terakhir, terjadi persaingan sengit antara Hamilton dan Nico Rosberg. Posisi terdepan yang ditempati Hamilton akhirnya diambil alih oleh Rosberg yang melesat membukukan waktu 1 menit 14,363 detik. Padahal pria Jerman tersebut sempat mengalami problem elektronika. Namun, kru Mercedes dengan cepat mengatasi permasalahan tersebut. Hamilton pun harus puas start di posisi kedua. (b/ab)